RPP AL QUR`AN HADITS MI KELAS 6

Standar

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Al-Qur’an dan Hadis
Kelas/Semester : VI/1
Pertemuan Ke- : 1–6
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran
Standar Kompetensi : Menghafal surah pendek secara benar dan fasih
Nilai Karakter dan Materi
yang Diintegrasikan : Gemar membaca, tanggung jawab, dan rasa ingin
tahu
I. Kompetensi Dasar
1. Membaca Surah ai-uupw secara benar dan fasih
2. Menghafalkan Surah ai-uupw secara benar dan fasih
II. Indikator
1. Mampu membaca Surah ai-uupw secara benar dan fasih
2. Mampu menghafal Surah ai-uupw secara benar dan fasih
III. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melafalkan Surah ai-uupw secara benar dan fasih.
2. Siswa dapat menghafal Surah ai-uupw secara benar dan fasih.
IV. Materi Ajar
Surah ai-uupw
V. Metode Belajar
1. Informasi
2. Tanya jawab
3. Demonstrasi
4. Praktik
VI. Sumber Belajar
1. Buku
Cinta Al-Qur’an dan Hadis MI 6
terbitan PT Tiga Serangkai
Pustaka Mandiri, Solo
2. Al-Qur’an dan Terjemahnya terbitan Depag RI 2006
3. Buku tajwid
4. Buku-buku lain yang relevan
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal (Apersepsi)
1. Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan
basmalah
serta berdoa bersama.

2. Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari
dengan kompetensi dasarnya.
3. Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
B. Kegiatan Inti
1. Guru menuliskan, memasang paparan, atau menayangkan VCD/
LCD di monitor mengenai Surah ai-uupw sehingga mudah dilihat
oleh siswa.
2. Guru melafalkan tulisan, paparan, atau tayangan VCD/LCD di
monitor mengenai Surah ai-uupw dengan suara jelas dan perlahan-
lahan ayat demi ayat. Siswa diminta untuk menirukan bacaan guru
ayat demi ayat. Hal ini hendaknya dilakukan secara berulang-
ulang.
3. Guru membimbing siswa untuk menghafal Surah ai-uupw mulai
ayat pertama sampai dengan ayat terakhir secara berulang-ulang
hingga hafal. (Setiap pertemuan diusahakan menghafal lima ayat)
4. Guru menunjuk beberapa siswa ke depan kelas untuk melafalkan
Surah ai-uupw yang ada di tulisan, paparan, atau tayangan VCD/
LCD.
5. Guru meminta siswa untuk mendengarkan bacaan Surah ai-uupw
dari teman-temannya.
6. Guru meminta siswa yang mendengarkan untuk menyimak bacaan
teman-temannya. Apabila terjadi kesalahan, hendaknya mereka
membetulkannya. Para siswa memberikan apresiasi kepada teman-
temannya jika bacaannya benar.
7. Guru meminta beberapa siswa untuk menghafalkan Surah ai-uupw
di depan kelas.
8. Guru meminta siswa yang lain untuk mendengarkan hafalan tersebut.
Jika terjadi kesalahan, hendaklah mereka membetulkannya.
9. Guru meminta siswa untuk senantiasa membaca Surah ai-uupw
saat melaksanakan salat lima waktu.
C. Kegiatan Akhir (Penutup)
1. Guru mengevaluasi tentang proses dan hasil kegiatan belajar
mengajar tersebut.
2. Guru mengajak siswa membuat kesimpulan tentang praktik mem-
baca dan menghafalkan Surah ai-uupw.
3. Guru menutup pelajaran dengan bacaan hamdalah, berdoa bersama-
sama, dan mengucapkan salam.
VIII. Penilaian
A. Tes Lisan
Siswa diminta membaca dan menghafalkan Surah ai-uupw satu per
satu.

B. Tes Tertulis
Guru memberikan beberapa soal tertulis, sebagaimana yang terdapat
pada buku
Cinta Al-Qur’an dan Hadis MI 6
halaman 14–18.
C. Tes Perbuatan
Siswa diminta mempraktikkan hafalan Surah ai-uupw pada saat salat.
………., ………….
Mengetahui,
Kepala MI                                                                                                    Guru Al-Qur’an dan Hadis
………………………………..                                                                     …………………………………..
NIP.                                                                                                             NIP.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s