PRINSIP PENILAIAN PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN

Standar

Belajar dan Pembelajaran Unit 5

PRINSIP PENILAIAN PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN

Seorang anak ingin membuat layang-layang. Tentunya anak bersangkutan perlu merencanakan dan menyiapkan terlebih dahulu semua bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat layang-layang tersebut. Setelah bahan sudah disiapkan, perlu dilakukan penilaian (evaluasi) ”apakah bahan sudah sesuai dengan kebutuhan membuat layang-layang?” dan ”apakah kualitas bahan yang disiapkan sudah sesuai dengan kriteria untuk membuat layang yang dapat terbang tinggi?”Apabila bahan untuk membuat layang-layang tidak dirancang, tidak disiapkan, dan tidak dipenilaian terlebih dahulu, tentunya anak tersebut akan mengalami kesulitan menyelesaikan pembuatan layang-layang tersebut. Demikian juga halnya dengan proses pembelajaran yang akan Anda laksanakan, diperlukan perencanaan penilaian terlebih dahulu secara benar.
Dalam Unit 5 mata kuliah Belajar dan Pembelajaran di SD/MI ini, Anda akan mempelajari prinsip perencanaan penilaian proses dan hasil pembelajaran yang mendidik. Anda akan mempelajari secara khusus tentang prinsip perencanaan penilaian proses dan hasil pembelajaran yang mendidik berdasarkan tujuan pembelajaran yang mendidik yang menunjang pencapaian Kompetensi Dasar 5 (Mampu menilai proses dan hasil pembelajaran yang mengacu kepada tujuan pembelajaran). Jadi, di dalam Unit 5 ini Anda akan mempelajari 2 subunit sebagai berikut.

Lihat selengkapnya klik judul di bawah ini :

PRINSIP PENILAIAN PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN

4 thoughts on “PRINSIP PENILAIAN PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN

  1. PRINSIP hasil KBM ini tidak boleh melupakan : 1. BAHAN AJAR/ Bidang Study yang diajarkan . 2. Kemapuan MENGAJAR DAN MENDIDIK dengan membuat SOAL sendiri BUKAN MENCONTOH soal yang sudah dibuat secara berkelompok. 3. Bahan Ajar harus dan wajib SESUAI DENGAN PERKEMBANGAN JIWA ANAK. 4. MEMANTAU cara belajar PESERTA DIDIK di rumah SISWA. 5. Hasil Evaluasi Belajar ditulis secara JUJUR : Siswa yang mendapat Nilai 10 – 30 = … %, 40-50 = … %, 60 – 70 = … %. dan nilai 80-100 = … %. 6. HILANGKAN RASA GENGSI/ melindungi nilai dibawah 50 dengan MENAIKAN NILAI. INGAT …. Malu Bertanya Sesat Di Jalan. Panas Setahun ( KBM SATU TAHUN ) HANYA dihapus oleh HUJAN sehari ( UNAS ).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s