RPP IPA BERKARAKTER

Standar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah : …………………………….
Mata Pelajaran : ……………………………..
Kelas/Semester : ……………………………..
Alokasi Waktu : ……………………………..

A. Standar Kompetensi
B. Kompetensi Dasar
C. Tujuan Pembelajaran:
D. Materi Pembelajaran
E. Model/Metode Pembelajaran
F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
 Kegiatan Awal :


Kegiatan Inti :


 Kegiatan Akhir :


G. Sumber Belajar
H. Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian
Teknik Bentuk
Instrumen Instrumen/ Soal

Mengetahui,
Kepala SD/MI ………………………

(_______________________)
NIP : …….……..,…………………20…….
Guru Mata Pelajaran.

(_______________________)
NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah : …………………………….
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/1
Materi Pokok : Rangka dan Panca Indera Manusia
waktu : 4 x 45 menit (3 X pertemuan)
Metode : Ceramah dan praktek

A. Standar Kompetensi :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

B. Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya

C. Tujuan Pembelajaran**:
o Siswa dapat Mendeskripsikan rangka manusia seperti:
 rangka kepala
 rangka badan
 rangka anggota gerak
 sendi
secara Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
o Siswa dapat Mendeskripsikan fungsi rangka manusia :
o Siswa dapat memahami hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya dengan penanaman nilai disiplin ( Discipline ).
o Menjelaskan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.

 Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D. Materi Essensial
Rangka dan Panca Indera Manusia
o Mengenal Rangka Manusia (hlm.2)
o Bagian rangka (hlm.2)
o Fungsi rangka (hlm.6)

Kerangka manusia
Kerangka manusia terdiri dari kedua menyatu dan individu tulang didukung dan dilengkapi oleh ligamen , tendon , otot dan tulang rawan . It serves as a scaffold which supports organs, anchors muscles, and protects organs such as the brain , lungs and heart . Ini berfungsi sebagai perancah yang mendukung organ-organ, jangkar otot, dan melindungi organ seperti otak , paru-paru dan jantung . The biggest bone in the body is the femur in the thigh, and the smallest is the stapes bone in the middle ear . Tulang terbesar dalam tubuh adalah tulang paha di paha, dan yang terkecil adalah stapes tulang di telinga tengah . In an adult, the skeleton comprises around 30-40% of the total body weight, [ 1 ] and half of this weight is water. Dalam orang dewasa, tulang terdiri dari sekitar 30-40% dari berat total tubuh, [1] dan setengah dari berat ini adalah air.

Fused bones include those of the pelvis and the cranium . tulang Fused termasuk orang-orang dari panggul dan tengkorak . Not all bones are interconnected directly: there are three bones in each middle ear called the ossicles that articulate only with each other. Tidak semua tulang saling berhubungan langsung: ada tiga tulang di setiap telinga tengah disebut ossicles yang mengartikulasikan hanya dengan satu sama lain. The hyoid bone , which is located in the neck and serves as the point of attachment for the tongue , does not articulate with any other bones in the body, being supported by muscles and ligaments. The tulang hyoid , yang terletak di leher dan berfungsi sebagai titik lampiran untuk lidah , tidak mengartikulasikan dengan tulang lainnya di dalam tubuh, yang didukung oleh otot dan ligamen.

E. Media Belajar
o Buku SAINS SD Relevan Kelas IV

F. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
pertemuan 1
1. Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan (5 menit)
2. Kegiatan Inti
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Memahami peta konsep tentang rangka manusia
 Membacakan bagian-bagian rangka, serta membandingkan tulang bayi dan manusia dewasa
 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Mendeskripsikan rangka manusia:
– rangka kepala
– rangka badan
– rangka anggota gerak
– sendi
 Siswa menyebutkan rangka kepala
– T.Ubun
– T.Pelipis – T. Mata
– T. Dahi – T.Hidung
– T.Pipi – Rahang atas
– Rahang bawah

 Siswa menyebutkan rangka badan
– T.Tengkorak
– Ruas-ruas Tulang leher
– T.Selangka
– T.Belikat
– T.Dada
– T.Rusuk – T.Lengan Atas
– Ruas-ruas Tulang Punggung
– TT.Panggul
– T.Hasta
– T.Pengumpil – T.Pergelangan Tangan
– T.Telapak tangan
– Ruas-ruas Jari Tangan
– T.Paha – T.Tempurung lutut
– T.Betis
– T.Kering
– T.Pergelangan kaki
– T.Telapak kaki
– Ruas-ruas jari
– T.Kemaluan
 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
 Mengulang kembali rangka tubuh manusia dengan fungsinya
( 50 menit)

(5 menit)
4. Pekerjaan Rumah
o Mengambar rangka badan manusia
pertemuan 2
1. Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
o Mengumpulkan pekerjaan rumah
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Menagih tugas pertemuan sebelumnya
 Mendeskripsikan Rangka anggota gerak
 Mendeskripsikan Sendi :
– Sendi Engsel
– Sendi Pelana
– Sendi Peluru – Sendi Putar
– Sendi Geser
 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Menunjukkan letak sendi yang terdapat pada bagian tubuh manusia secara Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness).
 Mendeskripsikan fungsi rangka, berdasarkan contoh gerak sehari-hari, atau mengamati temannya. Apa yang terjadi bila manusia tidak memiliki rangka.
 Melakukan kegiatan
 Membuat kesimpulan dari kegiatan.
 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
 Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa untuk menyebutkan anggota tubuh yang terdapat sendi dengan cara disiplin ( Discipline )
(50 menit)

(5 menit)
4. Pekerjaan Rumah
 Mengambar rangka badan manusia
pertemuan 3
1. Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya, dan membacakan indikator
(5 menit)
2. Kegiatan Inti
 Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
 Mendeskripsikan penyakit yang menyerang tulang
 Mengetahui bersikap tubuh yang benar.
 Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
 Melakukan kegiatan
 Mengetahui beberapa gangguan pada tulang belakang seperti:
– Lordosis
– Kifosis
– Skoliosis
 Mengetahui cara menjaga kesehatan tulang yaitu dengan memakan makanan yang mengandung viitamin D, kalsium dan fosfor serta berolah raga secara teratur..
 Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
 Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
 Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
 Memberikan kesempatan kepada satu orang siswa secara bergilir untuk mengungkapkan kembali tentang memelihara kesehatan rangka.
(50 menit)

(5 menit)
4. Pekerjaan Rumah
 Membuat daftar makanan yang mengandung vitamin D, kalsium dan fosfor

G. Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Instrumen/ Soal
o Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya. Tugas Individu
dan Kelompok
Laporan dan Unjuk kerja

o Jelaskanlah rangka manusia dan fungsinya.

H. FORMAT KRITERIA PENILAIAN
 PRODUK ( HASIL DISKUSI )
No. Aspek Kriteria Skor
1. Konsep * semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah 4
3
2
1
 PERFORMANSI
No. Aspek Kriteria Skor
1.

2.

3. Pengetahuan

Praktek

Sikap * Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap 4
2
1

4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No Nama Siswa Performan Produk Jumlah
Skor Nilai
Pengetahuan Praktek Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
CATATAN :
 Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
 Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

…………, ………………….20 …
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel IPA

……………………………. …………………………….
NIP : NIP :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s